Optimasi GMB / Google Maps Untuk UMKM

Apakah bisnis lokal Anda muncul di halaman salah satu halaman hasil mesin pencari (SERP) Google? Jika tidak, pertimbangkan untuk menjadikan itu sebagai salah satu tujuan situs web Anda untuk tahun 2021. Situs web yang muncul di halaman pertama menerima lalu lintas paling banyak, yang berarti Anda mungkin kehilangan banyak calon pelanggan jika bisnis Anda tidak ada.

Jika Anda pernah bertanya-tanya, “Bagaimana cara mengoptimalkan bisnis saya untuk Google 2021?” kemudian tidak terlihat lagi. Mempelajari cara mengoptimalkan cantuman Google Bisnisku (GMB) dengan benar adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan calon pelanggan dapat menemukan bisnis Anda.

Mengapa Optimasi Google Bisnisku Penting?

Dengan mengoptimalkan daftar GMB Anda, Anda dapat meningkatkan pengoptimalan mesin telusur (SEO) dan peluang Anda untuk menarik pelanggan baru. Saat Anda mulai mengoptimalkan cantuman GMB Anda, pastikan detail, foto, dan postingan perusahaan Anda tidak hanya akurat, tetapi juga menggambarkan citra merek yang konsisten.

Google akan menggunakan daftar GMB bisnis Anda untuk mengisi Google Maps™, SERP-nya, dan Google Map Pack. Ketiga area ini dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan keberadaan pencarian Anda dalam komunitas lokal Anda.

Ketika Anda mengoptimalkan bisnis Anda untuk Google, Anda secara efektif memberi Google informasi yang tepat yang dibutuhkan untuk membuat daftar, mengkategorikan, dan memberi peringkat bisnis Anda dengan benar dalam hasil pencarian. Jika Google tidak mengetahui nama bisnis Anda, di mana lokasinya, atau apa fungsinya, itu akan hilang di antara jutaan situs web lainnya.

Faktor Peringkat Google Bisnisku

Ketika Google memberi peringkat bisnis lokal dalam hasil pencariannya, di Google Map Pack, dan di Google Maps, Google terutama melihat tiga faktor untuk menentukan peringkatnya. Faktor tersebut mencakup seberapa dekat bisnis dengan pengguna tertentu, seberapa relevan layanannya dengan istilah penelusuran pengguna, dan seberapa menonjol bisnis tersebut dalam komunitas lokal.

Jarak Dari Pengguna

Google memahami bahwa sebagian besar pengguna mencari bisnis yang paling dekat dengan mereka. Ketika Google memulai proses pemeringkatannya, pertama-tama terlihat seberapa dekat bisnis Anda dengan pengguna akhir.

Relevansi Dengan Pencarian Pengguna

Setelah membuat peringkat bisnis dengan cepat berdasarkan kedekatannya dengan pengguna, Google selanjutnya melihat relevansi. Google ingin memberikan hasil penelusuran yang paling relevan dengan kueri pengguna. Bisnis dengan kategori dan deskripsi yang lebih relevan dengan istilah penelusuran pengguna akan mendapat peringkat lebih tinggi.

Terkemuka Dalam Komunitas

Faktor terakhir yang dipertimbangkan Google adalah keunggulan, dan itu yang paling sulit untuk dipengaruhi. Google akan memeriksa seberapa baik bisnis Anda dikenal dalam komunitas lokal dan kualitas penawarannya. Dengan daftar GMB yang dioptimalkan, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda dan menunjukkan kualitasnya melalui ulasan pelanggan.

Cara Mengoptimalkan Google My Business Listing Anda: Panduan Langkah-demi-Langkah

Setelah Anda membuat daftar GMB, saatnya untuk fokus pada pengoptimalan. Ikuti 15 langkah berikut untuk memastikan cantuman bisnis Anda — dan tetap — dioptimalkan untuk Google. Catatan: Diperlukan waktu hingga 60 hari untuk mengaktifkan informasi baru.

Logo Api Truic

Masih perlu membuat cantuman GMB untuk bisnis Anda? Baca panduan menyeluruh ini untuk mempelajari cara menyiapkan akun GMB Anda.

Langkah 1: Lengkapi Detail Bisnis Anda

Hal pertama yang harus dilakukan setiap bisnis adalah memastikan nama, alamat, dan nomor telepon (NAP) muncul dengan benar dan konsisten di seluruh web. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus menemukan cara standar untuk menulis NAP Anda dan kemudian menggunakannya secara konsisten di seluruh daftar GMB bisnis Anda, situs web, profil media sosial, dan direktori online lain yang relevan.

Ketika mesin pencari memberi peringkat bisnis untuk halaman hasil mereka, mereka menggunakan informasi NAP untuk menentukan relevansi dan kedekatan bisnis Anda. Itu membuatnya penting agar informasi ini muncul dengan benar dan konsisten di mana pun orang menemukan detail tentang bisnis Anda.

Tangkapan layar hasil penelusuran Google Bisnisku dengan nama, alamat, dan nomor telepon disorot.

Cara Mengedit Informasi Bisnis GMB Anda:

Masuk ke akun GMB Anda.

Dari menu di sebelah kiri, pilih “Info.”

Pilih bagian yang ingin Anda perbarui.

Perbarui informasi yang sesuai.

Klik “Selesai Mengedit” setelah selesai.

Langkah 2: Gunakan Nomor Telepon Lokal

Google, serta mesin pencari lainnya, juga akan melihat apakah Anda mencantumkan nomor telepon lokal untuk bisnis Anda. Nomor telepon lokal memberi tahu Google bahwa bisnis Anda sebenarnya lokal, jadi gunakan itu di cantuman GMB Anda, situs web Anda, dll. Jika bisnis Anda memiliki nomor telepon lokal dan nomor bebas pulsa, tidak apa-apa untuk menyertakan keduanya di cantuman GMB dan situs Anda. Pastikan untuk menggunakan kedua nomor telepon di mana pun Anda mendaftarkan bisnis Anda secara online.

Cara Mengedit Nomor Telepon GMB Anda:

Masuk ke akun GMB Anda.

Dari menu di sebelah kiri, pilih “Info.”

Perbarui nomor telepon bisnis Anda.

Klik “Selesai Mengedit” setelah selesai.

Langkah 3: Pilih Kategori Bisnis yang Sesuai

Setelah memastikan NAP Anda bersifat lokal, akurat, dan digunakan secara konsisten di seluruh web, pastikan kategori bisnis yang Anda pilih mencerminkan bisnis Anda dengan benar. Kategori yang Anda pilih memainkan peran besar dalam menentukan apakah bisnis Anda relevan bagi pengguna tertentu.

Kuncinya adalah memilih kategori paling spesifik yang berlaku untuk bisnis Anda. Anda kemudian dapat menggunakan kategori sekunder untuk memberikan informasi tentang layanan tambahan yang ditawarkan bisnis Anda.

Menurut Google, jika kategori bisnis utama Anda adalah “restoran pizza”, Google dapat menampilkan bisnis Anda di hasil penelusuran lokal seseorang saat mereka menelusuri “restoran”, “restoran Italia”, atau “pizza”.

Tangkapan layar Google Bisnisku hasil pencarian dengan kategori bisnis disorot

Cara Mengedit Kategori Bisnis GMB Anda:

Masuk ke akun GMB Anda.

Dari menu di sebelah kiri, pilih “Info.”

Klik “Edit” di samping kategori bisnis Anda.

Pilih kategori primer atau sekunder yang sesuai.

Klik “Terapkan.”

Tergantung pada jenis kategori bisnis yang Anda pilih, Anda dapat memperoleh akses ke beberapa opsi tambahan. Jika bisnis Anda adalah hotel, misalnya, GMB akan mengizinkan Anda memilih fasilitas yang ditawarkan hotel Anda dan menampilkan peringkatnya. Beberapa bisnis, seperti salon rambut dan kuku, dapat menawarkan pemesanan online dan menyertakan menu layanan mereka. Restoran memiliki kemampuan untuk menambahkan menu, menerima reservasi online, dan menerima pesanan online.

Untuk mengoptimalkan cantuman GMB Anda sepenuhnya, pastikan Anda menyertakan informasi yang menyeluruh dan akurat untuk kategori bisnis Anda.

Langkah 4: Tulis Deskripsi yang Menarik

Setiap bisnis harus menulis deskripsi menarik yang dioptimalkan kata kunci yang menginformasikan dan memotivasi orang untuk mengakses layanannya. Deskripsi pada cantuman GMB dapat memiliki hingga 750 karakter dan tidak boleh menyertakan tautan atau konten promosi apa pun. Gunakan ruang ini untuk memberi tahu orang-orang tentang produk dan/atau layanan apa yang ditawarkan bisnis Anda serta misi dan nilai intinya.

Deskripsi ini menyediakan tempat yang bagus untuk memasukkan beberapa kata kunci bertarget yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi.

Contoh Google: Kami adalah toko es krim independen yang terletak beberapa langkah dari pusat kota, dan bangga menjadi favorit penduduk setempat untuk bertemu teman-teman untuk makan es krim atau memesan pizza segar, diantar langsung ke rumah mereka. Kami menyajikan 35 rasa es krim dan sorbet buatan sendiri yang diaduk dengan tangan sepanjang tahun, dan oven pizza menghasilkan pai gaya New York setiap hari dari tengah hari hingga tutup. Datang melihat kami hari ini!

Published
Categorized as Local SEO

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *