Currently set to Index
Currently set to Follow

Pertanyaan SEO Umum

Jika Anda memulai SEO atau pemilik bisnis yang ingin meningkatkan kinerja situs web mereka dan membuatnya lebih mudah ditemukan di mesin telusur, kemungkinan besar Anda memiliki banyak  pertanyaan.

Seringkali sulit untuk mengetahui ke mana harus berpaling untuk menemukan jawaban bahkan untuk pertanyaan paling dasar yang Anda miliki, terutama mengingat bahwa sering kali Anda akan menemukan jawaban yang bertentangan di web.

Banyak dari hal ini disebabkan oleh fakta bahwa algoritme Google sering berubah (sekitar 500 hingga 600 kali setiap tahun ), dan meskipun tidak semua ini merupakan pembaruan yang signifikan, intinya adalah bahwa segala sesuatunya berubah. Taktik yang berhasil dan praktik terbaik yang benar beberapa tahun lalu mungkin tidak sama hari ini. Namun, beberapa hal tetap cukup statis dalam SEO yang mungkin perlu Anda jelaskan dalam istilah awam. 

Untuk membantu Anda, kami telah menjawab 23 pertanyaan paling umum tentang dasar-dasar SEO, khususnya melihat:

Pertanyaan SEO Umum

Ada begitu banyak informasi yang perlu diketahui tentang SEO – berbagai topik, dari pertanyaan luas hingga taktik yang lebih mendalam dan spesifik. Dalam uraian ini, kami telah membulatkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan di bawah ini. 

1. Apa itu SEO?

Search Engine Optimization adalah praktik memberi peringkat situs web di mesin pencari untuk meningkatkan visibilitasnya ketika pengguna mencari kata kunci dan kueri yang relevan.

Karena Anda dapat meningkatkan peringkat situs di berbagai kata kunci, Anda akan mulai melihat peningkatan lalu lintas organik yang diterimanya. Lalu lintas organik adalah yang berasal dari daftar alami Google, bukan iklan berbayar. Panduan ” Apa itu SEO? ” kami lebih lanjut menjawab pertanyaan ini, menguraikan hal-hal yang perlu Anda lakukan agar situs web Anda muncul di SERP (halaman hasil mesin pencari):

  • Pastikan mesin pencari ini memahami siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan.
  • Yakinkan mereka bahwa Anda adalah pilihan paling kredibel bagi penggunanya.
  • Jadikan konten Anda dapat dikirim.

Tetapi penting untuk dipahami bahwa Google memberi peringkat hasil berdasarkan yang paling cocok untuk kueri yang dicari. 

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apa itu SEO di video SEO 101 kami oleh Jason Barnard di bawah ini:

Gambar mini video youtube

2. Apakah Bisnis Saya Membutuhkan SEO?

Ya, bisnis Anda harus berinvestasi dalam SEO. Optimisasi mesin pencari menawarkan cara untuk meningkatkan lalu lintas tanpa membayar untuk setiap klik.

Saat Anda menjalankan iklan PPC, Anda akan dikenakan biaya untuk setiap klik yang masuk ke situs web Anda melalui saluran tersebut. Namun, jika peringkat situs web Anda secara organik di mesin pencari, lalu lintas ini pada dasarnya gratis (setidaknya dalam hal biaya per klik). Tentu saja, dibutuhkan investasi dalam keterampilan dan sumber daya untuk menentukan peringkat situs web di SERP.

Daftar Iklan Organik vs Berbayar di SERPs

Jika Anda dapat menentukan peringkat situs web Anda di bagian atas mesin pencari, Anda akan mendapatkan keuntungan dari arus lalu lintas yang tidak akan memiliki biaya klik yang terkait dengannya, dan itu tidak akan berhenti ketika iklan dimatikan. Peringkat organik, dan Anda akan menikmati visibilitas 24/7.

Namun perlu diingat juga bahwa penelusuran organik bertanggung jawab atas rata-rata 53% dari total lalu lintas situs . Jika Anda mengabaikan SEO, pesaing Anda menikmati lalu lintas ini. Sebagian besar bisnis tidak dapat mengabaikan pentingnya SEO. Apa pun jenis perusahaan Anda, apakah Anda bisnis lokal, penjualan online, atau perusahaan global, Anda harus memperhatikan strategi SEO Anda. 

3. Bagaimana Cara Kerja SEO?

SEO adalah proses mengoptimalkan situs web Anda untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Tapi bagaimana cara kerja SEO?

Google menggunakan lebih dari 200 faktor peringkat , dan ini memungkinkan algoritme mesin pencari untuk memberi peringkat situs web berdasarkan relevansi dan otoritas halaman mereka. Seperti komentar Jason Barnard:

Google berusaha keras untuk merekomendasikan jawaban yang paling relevan dari sumber yang paling dapat dipercaya dalam format yang paling sesuai untuk penggunanya.

Untuk berhasil di SEO, Anda perlu memastikan bahwa konten Anda adalah hasil yang paling relevan untuk permintaan pencarian tertentu dan bahwa situs web Anda dilihat sebagai sumber yang dapat dipercaya. Anda dapat membaca panduan kami tentang dasar- dasar SEO untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mengoptimalkan situs Anda jika Anda seorang pemula.

4. Bagaimana Saya Dapat Menemukan Kata Kunci Yang Dicari Orang Untuk Menemukan Bisnis Seperti Milik Saya?

Anda tidak bisa terjun ke dalam strategi SEO buta. Anda perlu mengetahui apa yang dicari orang di Google untuk menemukan bisnis seperti milik Anda guna mengoptimalkan situs Anda untuk istilah ini.

Anda dapat melakukannya menggunakan Perencana Kata Kunci Google atau Alat Ajaib Kata Kunci  SEMrush . Muat alat dan masukkan istilah yang menurut Anda akan digunakan orang untuk menemukan bisnis Anda secara online. Anda kemudian akan disajikan seluruh host saran kata kunci terkait, termasuk volume pencarian bulanan mereka. 

Alat Sulap Kata Kunci SEMrush

Anda kemudian dapat menggunakan wawasan ini untuk menginformasikan strategi Anda dan memahami apa yang dicari orang. 

5. Mengapa Website Saya Tidak Berperingkat di Google?

Jika situs web Anda tidak mendapat peringkat di Google, ada beberapa alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Tapi pertama-tama, buka Google dan jalankan situs: cari situs web Anda.

BACA JUGA  Website Promosi Usaha Waterproofing Di Pasirkuda, Cianjur

misalnya, “situs: semrush.com”

Pencarian Situs di Google

Jika Anda melihat halaman web situs Anda terdaftar, Anda tahu bahwa situs Anda diindeks. Alasan mengapa situs web Anda tidak diberi peringkat mungkin karena:

  • Situs Anda baru dan belum memiliki otoritas yang memadai untuk menentukan peringkat untuk kueri penelusuran kompetitif. Anda tidak dapat meluncurkan situs web dan mengharapkan peringkat untuk kueri target Anda dalam semalam; Anda perlu menunjukkan bahwa Anda layak mendapat peringkat.
  • Konten Anda tidak sesuai dengan maksud pencari atau tidak memiliki analisis atau kualitas yang mendalam dibandingkan dengan halaman yang diberi peringkat untuk kueri yang Anda lihat. Anda perlu memastikan bahwa halaman yang Anda layani setidaknya sebagus, idealnya lebih baik dari, apa yang sudah diberi peringkat. 

Jika Anda tidak melihat halaman situs web Anda terdaftar, ini berarti halaman tersebut belum diindeks. Alasan untuk ini dapat mencakup:

  • Situs web Anda memblokir mesin telusur agar tidak merayapinya (biasanya dalam file robots.txt Anda) atau menginstruksikan mereka untuk tidak mengindeksnya (umumnya menggunakan tag noindex). Selesaikan blokir ini, dan Anda akan melihat situs Anda diindeks.
  • Situs Anda baru saja diluncurkan (dalam beberapa hari), dan Anda belum mengirimkan situs ke Google atau menautkannya dari mana pun, artinya situs tersebut belum diindeks. Siapkan Google Search Console dan minta pengindeksan.
  • Situs Anda telah menerima hukuman manual di seluruh situs karena melanggar Pedoman Webmaster Google. Ini jarang dan tidak mungkin. Namun, Anda harus menggunakan beberapa taktik SEO black-hat yang serius agar ini terjadi.

6. Mengapa Traffic Organik Saya Turun?

Anda perlu menentukan apakah lalu lintas organik situs web Anda turun secara tiba-tiba atau bertahap dari waktu ke waktu.

Jika ini terjadi secara tiba-tiba…

  • Periksa apakah situs web Anda secara tidak sengaja telah menambahkan tag noindex. Hal ini terkadang dapat terjadi saat pengembang memindahkan situs dari lingkungan pengujian ke live, lupa untuk menghapusnya. Jika ini dibiarkan, mereka akan menyebabkan situs web Anda tidak diindeks. Jika Anda menggunakan WordPress, periksa:
    Pengaturan > Membaca > Visibilitas Mesin Pencari
    Kotak ini tidak boleh dicentang.
  • Blok Indeks WordPress
  • Periksa Google Search Console untuk melihat apakah situs Anda telah dihapus dari SERP karena malware. Jika Googe menganggap bahwa situs Anda dapat berbahaya bagi pengguna, Anda mungkin menemukan bahwa ini terjadi, biasanya, jika situs Anda telah diretas. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang cara meminta peninjauan setelah Anda memperbaiki masalah  di sini .
  • Situs Anda mungkin terpengaruh oleh tindakan manual , meskipun kemungkinannya kecil. Anda dapat memeriksa laporan tindakan manual di Google Search Console dengan menuju ke:
    Keamanan & Tindakan Manual > Tindakan manual
    Jika Anda melihat masalah terdaftar, ini berpotensi menjadi alasan hilangnya lalu lintas situs Anda. Jika tidak ada masalah yang terdaftar, Anda dapat yakin bahwa ini bukan masalahnya. 

Jika ini terjadi secara bertahap …

  • Google mungkin telah meluncurkan pembaruan algoritme inti yang telah melihat situs lain mendapatkan lalu lintas dan peringkat di atas Anda. Seperti yang dikatakan Google, “Tidak ada yang salah dengan halaman yang mungkin berkinerja kurang baik dalam pembaruan inti. Mereka tidak melanggar pedoman webmaster kami atau dikenai tindakan manual atau algoritmik, seperti yang dapat terjadi pada halaman yang melanggar pedoman tersebut. Dalam Faktanya, tidak ada pembaruan inti yang menargetkan halaman atau situs tertentu. Sebaliknya, perubahannya adalah tentang meningkatkan cara sistem kami menilai konten secara keseluruhan. Perubahan ini dapat menyebabkan beberapa halaman yang sebelumnya kurang dihargai menjadi lebih baik.” Saran di sini adalah untuk menganalisis apa yang dilakukan situs peringkat teratas sedangkan Anda tidak.
  • Alasan yang lebih mungkin adalah bahwa pesaing Anda meluncurkan strategi SEO yang lebih agresif daripada Anda, dan mereka telah mengambil alih visibilitas organik Anda. Singkatnya, mereka telah mendapatkan beberapa peringkat yang Anda pegang sebelumnya. Dalam hal ini, masuk akal untuk melakukan analisis penuh terhadap strategi pesaing Anda untuk memahami di mana Anda dapat meningkatkan. Anda dapat menggunakan SEMrush Keyword Gap Tool dan Backlink Gap Tool untuk membantu Anda melakukan ini. 

7. Apa Itu Penalti Google?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Google memberikan hukuman kepada situs web yang melanggar pedoman webmaster mereka? Ada dua jenis hukuman; setidaknya sejauh webmaster pergi:

  • Hukuman tindakan manual
  • Penalti algoritma (penyesuaian)

Namun, secara resmi, penalti algoritmik (atau penyesuaian) bukanlah penalti. Mereka adalah hasil dari perubahan peringkat situs karena algoritme (misalnya, algoritme Panda dan Penguin) memfilter situs karena identifikasi manipulasi.

Dalam  Tips Ahli Esensial kami tentang Memperbaiki dan Menghindari Penalti Google , Olivier Andrieu menjelaskan ini sebagai:

Tindakan Manual

“Hukuman Google adalah tindakan manual, artinya itu adalah proses yang digerakkan oleh manusia. Ketika sebuah situs menerima penalti, itu adalah hasil dari orang yang bekerja untuk Google dan meninjau kasusnya.”

Penyesuaian Algoritmik

“Pemfilteran algoritme, di sisi lain, adalah bagian yang sepenuhnya otomatis dari algoritme peringkat Google. Perangkat lunak dan algoritme Google dapat mendeteksi sejumlah manipulasi, atau apa yang mereka anggap sebagai manipulasi, pada bagian mana pun dari situs web dan “filter” situs ini sebagaimana mestinya. Anda tidak menerima pesan atau peringatan apa pun jika situs Anda kehilangan posisi akibat pemfilteran algoritmik.”

Jika situs Anda berakhir dengan penalti, Anda dapat menggunakan diagram alur ini untuk membantu Anda memulihkannya:

Infografis Alur Kerja Penalti Google SEMrush

8. Berapa Lama Untuk Peringkat di Google?

Nah, seperti jawaban untuk banyak SEO: itu tergantung .

Lama berlalu adalah hari-hari peluncuran situs web, mengoptimalkan tag judul Anda, dan peringkat dalam beberapa minggu. Anda tidak dapat meluncurkan situs web dan mengharapkannya mendapat peringkat untuk kueri penelusuran kompetitif dalam semalam. Butuh waktu bagi situs web untuk tampil secara organik karena Google memberi peringkat situs relevan yang telah membangun otoritas.

Anda harus mendapatkan jalan ke puncak Google dan layak untuk berada di sana. 

Jawaban yang baik adalah antara enam bulan dan satu tahun, tetapi ini sangat didasarkan pada tingkat sumber daya yang Anda alokasikan untuk strategi Anda, tingkat persaingan, dan apa yang dilakukan orang lain yang bersaing untuk kueri yang sama.

Mungkin hanya perlu beberapa bulan untuk menentukan peringkat untuk istilah lokal (misalnya, tukang ledeng di [lokasi]), sedangkan untuk menentukan peringkat situs web baru, katakanlah, istilah “laptop” bisa memakan waktu bertahun-tahun.

Dan John Mueller dari Google baru-baru ini mengatakan bahwa dibutuhkan waktu hingga satu tahun bagi mereka untuk mengetahui di mana peringkat situs baru, dan fluktuasi diperkirakan terjadi selama jangka waktu ini. 

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Website Kartoharjo, Madiun
Gambar mini video youtube

9. Apa Faktor Peringkat Paling Penting Google?

Kembali pada tahun 2016, Google mengkonfirmasi 3 faktor peringkat teratasnya sebagai tautan, konten, dan RankBrain.

Dan pada kenyataannya, mengoptimalkan faktor-faktor ini berarti membuat konten hebat yang ingin ditautkan oleh situs web lain dan yang dapat dipahami oleh Google sebagai hasil terbaik untuk kueri penelusuran apa pun. 

Tetapi berbagai studi faktor peringkat telah menggali lebih dalam algoritme Google untuk menyoroti area-area yang memiliki dampak paling signifikan pada kinerja organik.

Misalnya, ambil studi SEMrush  Ranking Factors 2.0 , yang menyoroti faktor tambahan seperti:

  • Waktu di lokasi
  • Total domain perujuk
  • Panjang konten
  • Tautan balik yang diikuti
  • Dan banyak lagi
Studi Faktor Peringkat SEMrush

Sumber Daya Faktor Sukses SEO Google Zyppy adalah bacaan bagus lainnya tentang topik ini.

10. Haruskah Saya Melakukan SEO, Menjalankan Iklan PPC, atau Keduanya?

Sebuah pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah apakah bisnis harus berinvestasi dalam SEO, PPC, atau keduanya. Ini adalah debat SEO vs PPC kuno .

Di dunia yang ideal, bisnis harus menyeimbangkan beberapa saluran pemasaran untuk menghindari ketergantungan pada satu sumber lalu lintas (dan konversi). Namun, terutama untuk usaha kecil, anggaran seringkali menjadi tantangan, dan sumber daya harus dialokasikan secara efisien. Dana tidak ada habisnya.

Bahkan dalam hal ini, penting untuk menyeimbangkan strategi SEO jangka panjang dengan kampanye PPC kecil namun bertarget.

11. Apakah Media Sosial Membantu Meningkatkan Peringkat Situs Web Saya?

Ada kesalahpahaman umum bahwa memposting di media sosial membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin pencari. Seperti yang dinyatakan Moss Clement dalam panduan kami tentang 7 Cara Media Sosial Dapat Meningkatkan Hasil SEO Anda :

Media sosial tidak secara langsung berkontribusi pada peringkat SEO, tetapi tautan yang Anda bagikan di seluruh platform sosial meningkatkan eksposur merek.

Saham Anda di situs media sosial tidak memiliki tempat di peringkat SEO. Namun, ketika lebih banyak orang membagikan konten Anda di seluruh media sosial, itu menghasilkan sinyal sosial yang menunjukkan bahwa posting Anda berguna untuk target pasar Anda.

Meskipun media sosial tidak secara langsung meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, itu secara tidak langsung mempengaruhi dan membantu membangun merek Anda. 

Pertanyaan Teknis SEO

Tanpa dasar teknis yang kuat, Google akan berjuang untuk merayapi, mengindeks, dan memberi peringkat situs web Anda. Sementara SEO teknis bisa menjadi sangat rumit dengan cepat, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan seputar topik ini.

12. Apa Perbedaan Antara SEO On-Page dan SEO Teknis?

Meskipun sering digunakan secara bergantian, SEO on-page dan SEO teknis tidak sama.

Kita dapat melihat tabel di bawah ini untuk membandingkan dua area yang berbeda ini:

pada halaman vs seo teknis

Pada akhirnya, SEO pada halaman mencakup konten halaman Anda, tag meta, gambar, dan sejenisnya. Anggap ini sebagai elemen halaman yang terlihat oleh pengguna.

SEO teknis, di sisi lain, adalah tentang bagaimana Google merayapi dan mengindeks situs Anda. Pikirkan hal-hal seperti kecepatan situs, data terstruktur, kanonikalisasi, peta situs XML , hreflang, dan banyak lagi. 

13. Berapa Skor PageSpeed ​​yang Harus Saya Targetkan?

PageSpeed ​​adalah ukuran Google untuk kecepatan situs Anda, dan penting untuk dicatat bahwa ini sekarang telah menjadi faktor peringkat untuk beberapa waktu.

Tetapi pertanyaan yang sering muncul adalah, bagaimana seharusnya kecepatan halaman Anda? Jawaban jujurnya adalah Anda harus menargetkan kecepatan halaman setinggi mungkin sambil memastikan Anda tahu apa yang Anda hadapi. Meningkatkan skor PageSpeed ​​Anda di luar titik tertentu bisa sangat menguras sumber daya, dan terkadang Anda akan menemukan bahwa situs Anda sudah berkinerja lebih baik daripada pesaing Anda.

Jika skor PageSpeed ​​Anda 85/100, mungkin sulit, mahal, atau memakan waktu untuk mencapai 90/100. Jika semua pesaing Anda di bawah 80/100, mungkin ada prioritas yang lebih mendesak untuk difokuskan.

Jalankan pesaing Anda melalui alat PageSpeed ​​Insights dan buat keputusan sesuai konteks.

14. Bagaimana Saya Dapat Menemukan Kesalahan Teknis SEO?

Kesalahan SEO teknis dapat menahan situs Anda dan mencegahnya bekerja sebaik mungkin dalam pencarian organik. Anda harus dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah dengan segera dan terus mengatasinya.

Untuk memantau masalah teknis, Anda dapat menggunakan Alat Audit Situs SEMrush  untuk mengidentifikasi masalah dan peluang. Anda akan menemukan berbagai laporan tematik yang mencakup kemampuan perayapan, HTTPS, kinerja situs, dan banyak lagi, serta kesalahan, peringatan, dan pemberitahuan di lebih dari 130 poin.

Tangkapan layar Alat Audit Situs SEMrush

Selesaikan masalah ini, dimulai dengan kesalahan prioritas tertinggi, menggunakan panduan laporan audit untuk membantu Anda meningkatkan skor kesehatan situs Anda secara keseluruhan.

Temukan Masalah Teknis SEOdan Jalankan Audit Situs Sekarang!

Coba Gratis →

Pertanyaan Pemasaran Konten

Konten tetap penting untuk mendapatkan peringkat teratas. Hari-hari membuat konten ‘SEO’ sudah lama berlalu, dan rute utama menuju kesuksesan adalah membuat konten terbaik di web dengan topik tertentu.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar konten:

15. Berapa Panjang Seharusnya Halaman Konten?

Berapa panjang seutas tali? Sejujurnya, tidak ada jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, namun pertanyaan itu ditanyakan berulang kali. Konten harus sepanjang diperlukan untuk mencakup topik dengan cukup mendalam untuk diberi peringkat.

Tapi itu tidak terlalu membantu, bukan? 

Saat membuat konten, Anda perlu melihat peringkat yang sudah ada. Analisis setidaknya 10 halaman teratas untuk memahami maksud halaman dan perkiraan panjangnya untuk mendapatkan indikasi berapa lama konten Anda perlu—mencari cara yang berguna untuk melakukannya? Anda dapat menggunakan Template Konten SEO untuk membantu Anda mengetahui panjangnya. 

Masukkan kata kunci target halaman Anda, dan alat ini akan menganalisis halaman peringkat teratas dan membuat rekomendasi. 

Saran Panjang Konten Template Konten SEMrush

Tapi jangan terobsesi dengan panjang konten! Anda harus memfokuskan upaya Anda untuk membuat konten yang menjawab pertanyaan dengan cara terbaik.

16. Bagaimana Cara Membuat Konten Ramah SEO?

Konten yang ramah SEO tidak berarti konten yang diisi kata kunci, jauh dari itu.

Kenyataannya adalah bahwa SEO perlu menjadi bagian penting dari proses pembuatan konten jika Anda ingin konten Anda berkinerja baik secara organik. Lalu, bagaimana cara membuat konten yang SEO friendly?

Anda mulai dengan riset kata kunci untuk membantu Anda memahami istilah yang dicari orang, menentukan maksud pencarian, format yang tepat, dan membuat SEO di halaman Anda benar.

Anda dapat mempelajari semua tentang proses melakukan langkah demi langkah ini di  panduan Cara Membuat Konten Ramah SEO kami .

Cara Membuat Infografis Konten Ramah SEO

17. Apakah Konten Duplikat Membahayakan Peringkat Situs Web Anda?

Anda mungkin pernah mendengar cerita horor tentang duplikat konten. Banyak pemula SEO sering bingung dan khawatir tentang apa artinya ini. Dalam istilah sederhana, duplikat konten adalah di mana konten diduplikasi baik antara dua atau lebih situs web atau dua atau lebih halaman internal.

BACA JUGA  Jasa Pembuatan Website Agen Properti Di Yahuliambut, Yahukimo

Di sini, konten dapat berarti konten tertulis, tag judul, deskripsi meta, atau tag H1. Kami menemukan ini sebagai salah satu kesalahan SEO terbesar yang dilakukan pemasar dalam penelitian terbaru kami.

Infografis Konten Duplikat SEMrush

Saran kami tentang masalah ini adalah sebagai berikut:

Anda harus menghindari menduplikasi segala jenis konten dari situs apa pun di luar sana, apakah itu pesaing langsung atau bukan. Carilah deskripsi duplikat, paragraf dan seluruh bagian salinan, duplikat tag H1 di beberapa halaman dan masalah URL, seperti versi www dan non-www dari halaman yang sama. Perhatikan keunikan setiap detail untuk memastikan sebuah halaman tidak hanya memiliki peringkat di mata Google, tetapi juga dapat diklik di mata pengguna. 

Sebagai aturan umum, jangan menyalin sebagian besar salinan dari halaman lain di situs Anda atau di tempat lain di web, dan Anda tidak akan salah.

Pertanyaan Membangun Tautan

Tautan balik tetap menjadi salah satu topik yang paling diperdebatkan dalam SEO. Tetapi tautan tetap menjadi bagian penting dari strategi SEO, dan kami telah mengumpulkan jawaban untuk beberapa pertanyaan paling umum. 

18. Apa Itu Membangun Tautan?

Pembuatan tautan adalah proses membuat situs web lain menautkan ke situs Anda.

Anda lihat, tautan adalah salah satu dari 3 faktor peringkat teratas Google, dengan ini bertindak sebagai suara kepercayaan dari satu situs web ke situs web lainnya.

Seperti yang kami sebutkan di ‘ Apa itu Tautan Balik? ‘ panduan, “Jika lima orang yang tidak mengenal satu sama lain semuanya merekomendasikan restoran tertentu sebagai yang terbaik di kota Anda, Anda mungkin akan percaya bahwa Anda akan bisa mendapatkan makanan enak di sana, karena banyak orang semua akan menjaminnya. dia.”

Pikirkan tentang tautan seperti ini, dan mudah untuk memahami mengapa tautan tersebut merupakan faktor peringkat yang penting. Tetapi tidak semua tautan sama, dan tidak semua berkualitas tinggi. Beberapa link dianggap manipulatif dan tidak wajar . Fokuskan upaya Anda untuk mendapatkan tautan dari situs web yang secara topikal terkait dengan milik Anda dan yang memiliki otoritas. 

19. Bagaimana Saya Membuat Situs Lain Untuk Ditautkan ke Tambang?

Ada banyak cara berbeda untuk membuat situs lain menautkan ke situs Anda secara alami.

Dan video SEMrush Tristam Jarman adalah titik awal yang bagus untuk membantu Anda memahami pilihan Anda:

Gambar mini video youtube

Kami kemudian merekomendasikan untuk membaca  panduan Pembuatan Tautan untuk SEO: Strategi Mana yang Bekerja pada tahun 2020 (dan Mana yang Tidak) . Jika Anda mencari beberapa kiat cepat, berikut adalah beberapa taktik luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan tautan berkualitas ke situs Anda:

Fokus pada kualitas, tautan yang diperoleh, dan strategi yang menyeimbangkan berbagai pendekatan untuk membantu Anda membangun profil tautan yang bervariasi yang menargetkan tautan dari berbagai sumber.

20. Haruskah Saya Fokus Mendapatkan Lebih Banyak Tautan?

Membangun tautan adalah tentang kualitas daripada kuantitas. Anda tidak boleh mengarahkan pandangan Anda hanya untuk membangun tautan sebanyak mungkin. Ini hanya akan membuat Anda merasa kecewa dengan hasilnya. Ketika Anda fokus pada angka saja, kualitas tautan pasti akan turun. Dan itu cara yang salah untuk mendekati link building.

Anda perlu menekankan untuk mendapatkan tautan berkualitas dalam skala besar, pastikan untuk tidak pernah mengorbankan kualitas demi kuantitas. Taktik yang dapat diskalakan, seperti PR digital, dapat membantu Anda mendapatkan tautan dalam skala besar dari sumber yang berkualitas dan resmi. Namun, penting juga untuk memahami kesenjangan hubungan antara Anda dan pesaing Anda. 

Anda dapat menganalisis ini menggunakan Backlink Gap Tool :

Tangkapan layar SEMrush Backlink Gap Tool

21. Benarkah Saya Dapat Membeli Tautan?

TIDAK TIDAK TIDAK! 

Membeli tautan merupakan pelanggaran substansial terhadap Pedoman Webmaster Google dan dapat mengakibatkan situs web Anda dikenai sanksi. Pedoman skema tautan dengan jelas menyatakan bahwa tautan berikut adalah contoh tautan yang dapat berdampak negatif terhadap peringkat situs di hasil penelusuran:

Membeli atau menjual link yang lolos PageRank. Ini termasuk menukar uang dengan tautan, atau pos yang berisi tautan; menukar barang atau jasa untuk tautan; atau mengirimkan produk “gratis” kepada seseorang sebagai imbalan mereka menulis tentang produk tersebut dan menyertakan tautan.

Tautan tidak boleh dibeli, hanya diperoleh. 

22. Apa itu PageRank?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa tautan melewati PageRank . Tapi apa sebenarnya ini?

PageRank adalah “sistem untuk memeringkat halaman web yang dikembangkan oleh pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Dan yang penting untuk dipahami adalah bahwa PageRank adalah semua tentang tautan.”

Kita dapat menganggap PageRank dari sebuah halaman web sebagai hak suara, dan otoritas ini kemudian dapat diteruskan ke halaman atau situs web lain melalui tautan (baik internal maupun eksternal). Secara sederhana, ini adalah ukuran pentingnya halaman web menurut kuantitas dan kualitas tautan yang mengarah ke sana. 

Meskipun Google masih menggunakan PageRank sebagai bagian dari algoritmenya, kenyataannya adalah fokus Anda terutama pada mendapatkan tautan yang relevan secara topikal dari situs web resmi.

23. Bagaimana Saya Menganalisis Profil Tautan Pesaing Saya?

Semuanya baik dan berguna untuk membangun tautan ke situs Anda, tetapi jika Anda ingin bersaing untuk mendapatkan persyaratan kompetitif, Anda harus memahami apa yang Anda hadapi. Itu berarti menganalisis profil tautan pesaing Anda.

Anda dapat melakukan ini menggunakan alat Backlink Analytics .

Analisis Tautan Balik SEMrush

Jalankan domain pesaing Anda melalui alat ini, dan Anda akan dapat melihat wawasan di:

  • Jumlah total backlink
  • Jumlah total domain perujuk
  • Kategori topikal dari domain perujuk
  • Merujuk domain berdasarkan skor otoritas
  • Halaman tertaut teratas

Anda juga akan dapat melihat halaman-halaman yang tertaut ke situs mereka untuk mulai merencanakan apakah beberapa halaman ini juga dapat ditautkan ke Anda atau tidak.


Sementara di atas hanyalah beberapa FAQ SEO yang kami dengar, itu adalah beberapa yang lebih penting. Yang mengatakan, salah satu cara terbaik untuk mengembangkan keterampilan Anda sebagai SEO adalah dengan mengajukan pertanyaan. 

Selalu terus belajar, dan jangan takut untuk bertanya! Akan selalu ada seseorang yang senang membantu Anda. 

Sumber: Diterjemahkan dari https://www.semrush.com/blog/seo-faq/

Open chat
Hallo,