Praktik Desain Web yang Baik

Situs web Anda adalah tempat bisnis Anda berada — seperti kantor pusat perusahaan offline. Oleh karena itu, penting untuk mempraktikkan prinsip-prinsip desain yang baik untuk memastikan situs Anda menjangkau jumlah pengunjung maksimum dan menjual kepada sebanyak mungkin orang.

Pastikan Anda memiliki petunjuk yang jelas tentang navigasi situs web Anda. Menu navigasi harus rapi dan ringkas sehingga pengunjung tahu cara bernavigasi di situs web Anda tanpa kebingungan.

Kurangi jumlah gambar di situs web Anda. Mereka membuat situs Anda memuat sangat lambat dan lebih sering daripada tidak mereka sangat tidak perlu. Jika menurut Anda gambar apa pun penting di situs Anda, pastikan Anda mengoptimalkannya menggunakan program pengeditan gambar sehingga memiliki ukuran file minimum.

Jauhkan paragraf teks Anda pada panjang yang wajar. Jika paragraf terlalu panjang, Anda harus membaginya menjadi paragraf terpisah sehingga blok teks tidak terlalu besar. Ini penting karena blok teks yang terlalu besar akan menghalangi pengunjung untuk membaca konten Anda.

Pastikan situs web Anda mematuhi standar web di www.w3.org dan pastikan mereka kompatibel lintas-browser. Jika situs web Anda terlihat bagus di Internet Explorer tetapi rusak parah di Firefox dan Opera, Anda akan kehilangan banyak calon pengunjung.

Hindari menggunakan bahasa scripting di situs Anda kecuali benar-benar diperlukan. Gunakan bahasa skrip untuk menangani atau memanipulasi data, bukan untuk membuat efek visual di situs web Anda. Skrip yang berat akan memperlambat waktu pemuatan situs Anda dan bahkan membuat beberapa browser mogok. Selain itu, skrip tidak didukung di semua browser, sehingga beberapa pengunjung mungkin kehilangan informasi penting karena hal itu.

Gunakan CSS untuk menata konten halaman Anda karena mereka menghemat banyak pekerjaan dengan menata semua elemen di situs web Anda sekaligus.

Published
Categorized as Web Design